From Bandung with Love part1

advertisements
Halo sobat pembaca.... gimana kabar nya hari ini ?
sehat dan tetap semangat untuk berkarya pastinya...
Kalau baca judul kali ini....rada gimana gitu yaa... :D :D
ada romantis-romantis nya gitu...ya kan ?

hahhahaha...emang rada-rada romantis ; ehh,solider / setia kawan sih tepat nya; yang bener-bener patut di acungi jempol dari kedua orang sahabat (sebagai pribadi seorang mahasiswa dengan seorang kawan karib nya yang asisten dosen) .bagaimana kita ga salut coba ? dari siang si dhika ini telp dan bbm, kalau mau ke rumah malam nya pulang dari kuliah, sedangkan dia sendiri berkeluh kesah kalau motor kesayangan nya, sebuah jupiter (belum pakai z) tua sedang mogok, dan aku juga mikir-mikir juga sih, ini anak rumah di bandung, kuliah di ciledug atau bintaro gitu, rada lupa aku, dan tinggal bersama O'om nya di depok, sedangkan motor mogok di sekitaran bintaro. 
dari bintaro ke cikupa ada lah 20km-an, gimana bawa nya ke rumah coba ?

malam nya, lepas tengah malam malahan...sekitar jam 00 : 40an lah, baru dhika ini sampai ke depan warung angkringan kami di depan gerbang cluster tempat tinggal ku, dan dalam keadaan ngos-ngosan berdua bersama kawan nya yang asisten dosen itu. Ternyata......dari bintaro mereka dorong motor dhika nya ini. biar bisa ku check dan obati apa nanti penyakit nya.
ya udah lah, bikin kan minum dulu..biar mereka rada santai dulu.. baru kemudian aku beres-beres warung dan pulang, karena dagangan juga sudah habis.
sekitar jam 3pagi mereka pamitan, dan tinggal kan motor jupiter tua si dhika ini untuk di observasi penyakit nya, dan sekalian di sehat kan lagi nanti
.
 
esok siang nya, setelah antar mamak untuk belanja ke pasar, barulah ku sempatkan untuk bongkar dan check kondisi motor si dhika ini, apa yang sebenar nya bikin motor ini mogok dan ga mau temani aktivitas si dhika untuk beberapa waktu..
kalau kata owner nya sih, ini motor sudah di bore-up piston 53'an. tapi ga tau merk apa piston yang terpasang di situ. Kalau untuk proses bongkar-bongkar body motor nya, ga perlu lah ku tulis detail lagi yaa.. sudah pada tahu kan kebanyakan sobat di sini, begitu juga dengan urutan untuk bongkar head dari mesin nya, bisa di baca lagi di tulisan-tulisan ku sebelum nya..dan inilah yang ku temukan saat head nya bisa ku lepaskan dari mesin jupiter tua ini :
weleh...tumpukan karbon nya...
padahal katanya blum lama keluar dari bengkel
Hmmmmmm......parah banget ternyata tumpukan deposit kerak di bagian kubah ruang bakar motor si dhika ini. bukti dari pembakaran yang tidak sempurna yang terjadi selama ini.

padahal.....menurut pengakuan owner nya, motor nya ini belum berapa lama keluar dari bengkel, tempat dia meng-upgrade piston dari motor tua kesayangan nya ini.
berarti ada hitungan yang kurang pas dan aplikasi part yang kuran sesuai di mesin ini, buktinya ya kerak hasil pembakaran tidak sempurna ini .
Setelah selesai lepas head nya, lanjunt lepaskan stopper bawah cam-chain / rantai kamprat nya, kemudian barulah block cylinder nya bisa di tarik keluar. tapi rada heran juga dengan kondisi liner nya, koq masih mulus ya, padahal kalau liat kondisi piston nya , mustin ya liner nya pun ga jauh beda kondisi nya.




tapi ini liner masih bagus dan mulus . entah karena material dari liner motor tua yamaha ini memang lebih bagus, atau karena hasil reyen nya yang bagus atau karena hal lain..  tapi menurut hematku, lebih karena kualitan material yang di pakai untuk produksi seri pertama jupiter ini.

Untuk kondisi piston, bisa di intip di sebelah kanan ini ya sob...
banyak sekari goresan di body piston nya, ini juga yang menjadi penyebab piston macet dan ogah bergerak di liner. diameter piston yang di pakai 53.4mm. hmmmmmmm......tambah bikin penasaran, piston apa yang di pakai ini ? koq ukuran nya rada aneh.
ga yakin dengan ukuran pantat piston, ukur diameter dalam liner nya..
hmmmmm........sama......53.4mm, segera saja ku konfirmasi pada pemilik nya, untuk menanyakan jenis piston yang di pakai, tapi apa daya....
si dhika pun ga tau, piston apa ini, yang pasti dia pasrahkan motor nya ini kebengkel, dan minta bore-up...tapi dia ga harapkan hasil nya untuk mogok seperti ini sih. ya udah, ku biar kan aja si dhika untuk cari tau tentang informasi pasti piston yang di pakai nya itu, sedangkan aku, lanjut lagi bersihkan komponen head serta kepala piston nya
piston NPP xb ternyata.
bawan orok nya udah jenong
untuk meraih kompresi tinggi
Karena tumpukan kerak nya di port out ke arah knalpot rada ekstreem, ku pakai lah mesin bor tuner dan mata pisau carbide berbentuk nanas . untuk rontok kan tumpukan kerak yang menutupi hampir 50% lubang buang nya.
pantesan aja koq rada-rada aneh mesin dan keluhan pemilik nya.

setelah rada bersih...timbul lagi lah keisengan ku, gimana kalau aku coba maksimalkan aja bentuk portingan nya ? biar air flow untuk campuran bahan bakar dan udara yang masuk ke ruang bakar lebih bagus, juga yang dari ruang bakar ke pipa knalpot nya lebih bebas. jadi efisiensi aliran udara nya lebih bagus gitu..
segera saja ku mainkan pisau tuner nya untuk mengikis bagian seat klep nya, dan kupepetkan dimensi nya ke bagian taper di seat klep, yang nanti nya akan mendekap bagian taper dari daun klep nya.
berlaku untuk kedua lubang port nya, port in dan port out.
tapi proses optimalisasi ini ga bisa terlalu leluasa, karena desain dan ketebalan dari material head dari jupiter seri pertama ini rada riskan kalau di buat rada ekstrim . ini ternyata sedikit kelemahan jupiter seri pertama ini.......ga bisa terlalu leluasa untuk modif port in dan out
made in taiwan ternyata sob.

setelah selang 1 jam dari aku hubungi si dhika, dia akhirnya menghubungi aku untuk mengkonfirmasi jenis piston yang terpasang di mesin motor nya.
menurut keterangan mekanik di bengkel tempat nya mengerjakan bore-up sebelum nya, piston keluaran NPP ber-type XB lah yang di pakai nya.
diameter nya benar 53.4mm dengan profil bentuk kepala piston jenong untuk menggapai ratio komppresi yang lebih tinggi dari pada standard nya.

Padahal...menurut perhitungan ku.
piston standard jupiter seri lawas ini kan diameter nya cuma 49mm
sedangkan kalau di bore up sampai diameter 53.4mm, berarti sudah menganut Oversize 440 lah mesin si dhika ini.
dan ga perlu harus pakai piston jenong untuk naik kan kompresi nya.
karena bertambah nya kubikasi pun otomatis juga sudah menambah ratio kompresi nya.

jika terlalu tinggi dan tidak di imbangi dengan penggunaan bbm beroktan tinggi, sudah pasti detonasi dan pre ignition yang terjadi.
karena bbm sudah terbakar sebelum sampai ke titik pembakaran yang sudah di tentukan. efek jangka panjang nya ? pasti lah durabilitas dari bearing conrod dan penyangga crank-shaft / kruk as yang jadi korban.  Kalau dalam kasus mesin si dhika ini, untung nya cuma piston ini yang jadi korban nya.

Berhubung sudah sore, dan waktunya aku berangkat bantu mamak jualan di depan gerbang,...
dilanjut besok lagi ya proses mesin nya si dhika ini...
di tinggalin lagi .... uhhhh sebelllllll


advertisements

0 komentar:

Posting Komentar

Pengikut