Home » , , , , , , , , » Trick McGyver lagi :Modif intake standard untuk Karbu venturi 24mm

Trick McGyver lagi :Modif intake standard untuk Karbu venturi 24mm

advertisements
Haloooo....selamat pagi ; sugeng enjing, good morning ; guten morgen dan sebagainya buat sobat pembaca blog ini..kira nya makin di berkati dalam segala hal yang kita lakukan
.
pagi ini, kok rasanya pengen bagi-bagi tips dan trik lagi ya....
mungkin sobat-sobat yang suka eksperimen dengan mesin tunggangan nya, kadang menemui kendala saat ingin menginstall karbu ber-venturi nanggung, contoh nya kaya tm24 di bawah ini yaa : 
hehehe...lumayan rapi juga..
koq nanggung ? iya...soalnya kalau beli manifold variasi, biasanya yang tersedia rata-rata untuk venturi 26mm ke atas, untuk venturi 24, karet manifold nya malah di jual terpisah....ribet kan ??
arah intake juga biasanya di putar hadap kiri atau kanan ; jarang yang hadap nya seperti standard nya.
kali ini, pengen ber-eksperimen biar arah hadap nya karburator tetap seperti standard nya, dan bahkan bisa juga di pasang ke box filter nya, jadi..... meskipun karbu dah pakai ukuran medium, masih bisa di masukkan ke box filter sumber asupan udara nya, biar udara yang masuk ga langsung menghisap kotoran dan debu.
apalagi kalau seperti di tangerang ini, yang sering tergenang air jalanan nya kalau musim hujan , dan berdebu parah kalau pas matahari bersinar.

debu pasti berimbas langsung pada skep karburator kita. kalau di biarkan berlama-lama, bisa jadi skep yang tergerus tumpukan debu, dan akhirnya karburator ga bisa di seting presisi.
sedangkan jika air yang terhisap sampai ke ruang bakar. water hammer yang terjadi...hiiyyy serem dah bayangin nya kalau sampai terjadi water hammer..... (halah water hammer, makanan apa lagi itu ? )

gini sob, air itu, meskipun benda cair, tapi tidak bisa di kompresi,
karena sifat cairan adalah meneruskan tekanan yang di terima ke segala arah , meskipun dia selalu mengikuti bentuk wadah nya.
misalkan air terhisap sampai ke ruang bakar saat mesin sedang running, pada waktu langkah kompresi, karena tekanan yang di terima cairan di teruskan ke segala arah, maka dia akan memenuhi kubah ruang bakar,
tapi...karena tekanan dari piston cukup tinggi, dan juga ikatan ke empat baut stud nya kuat, tinggal mana yang lebih kuat ya, bisa stang piston yang patah, karena tidak kuat menahan tekanan balik dari air di ruang bakar,...atau head nya yang terdorong lepas dari rangkaian mesin (biasanya ini sih jarang terjadi).
jika yang terjadi stang piston patah saat mesin running ? ya wassalam deh engine nya.

lahh...koq malah melebar gini pembahasan nya... skip yaa, kembali ke topik kita kali ini.
yaitu modif intake manifold untuk karbu venturi nanggung, dari intake standard. (dalam contoh kali ini, kita pakai intake jupiter series ya )
kebetulan ada intake bekas, punya jupiter yang patah pada salah satu lubang baut pengikat ke bagian head nya (pada foto di atas, kelihatan kan bagian yang patah /pecah.)
kemudian ku potong flange / flens / kupingan lubang baut pengikat karbu standard nya kiri dan kanan.
terus di bentuk jadi round / bundar ; boleh pakai kikir atau gerinda, sampai rata dengan bagian belakang nya. setelah rapi, tinggal perbesar lubang intake nya sampai diameter nya mencapai 24mm, tapi hari-hati yaa..jangan sampai intake nya bolong, malah ga bisa di pakai ntar.
rapikan lubang bagian dalam nya, dan coba cocok kan dengan karbu nya, seperti di bawah ini.
lega deh jalur nya ke intake,
campuran udara n bbm nya bisa perosotan di situ 
sudah...kemudian tinggal tambahi karet penyambung untuk karbu dan intake nya, kebetulan untuk contoh kali ini, aku pakai karet radiator kijang atau timor kalau ga salah inget ya.
kemudian di ikat dengan klem selang berukuran 1.25" - 1.5" (inch) seperti foto di bawah ini.
nah gampang kan buat nya ??
jadi deh, karbu bisa tetap menghadap  ke depan seperti satandard nya, dan bisa juga dipasangi karet hose nya mio , yang dari karbu ke box filter itu, trus jajal masukin ke box filter nya.
agar hose mio nya bisa terpasang rapi, mungkin lubang di box filter butuh sedikit penyesuaian.
hasil akhirnya pernah ku post di artikel kiriman suhudeng dari serang koq.
okay...selamat berkreasi ya sob....
tetap sehat dan tetap berkarya...

see you next time................
usil amat tangan yang nulis ini ya......

advertisements

0 komentar:

Posting Komentar

Pengikut