Mengobati Raja Tua 4

advertisements
Hallo sobat...jumpa lagi kita..
masih di sini di blog kecil, tulisan bakul sego kucing ya...
bagi yang pertama kali berkunjung di sini, mungkin bingung, koq nama nya sego kucing, tapi ga ada menu sego kucing sama sekali, malah isi nya bahas motor, mesin dan modifikasi.
yahh, gimana mau jelasin nya ya, memang passion nya di situ, hobby di bidang utak-utik teknis kalau lagi bengong. malam nya bantuin mamak jualan sego kucing di depan gerbang (meskipun sekarang lagi cuti sih jualan nya), karena ada beberapa oknum yang berniat dan berminat dengan lapak jualan kami didepan yang selalu ramai dengan berbagai macam pelanggan. dan semua itu karena berkat-Nya semata.

nah, beberapa artikel yang ku tulis sebelum nya pun, juga kebanyakan adalah pelanggan warung ku pertama nya, dari hasil ngobrol-ngobrol di warung, barulah berkembang ke modifikasi atau reparasi kendaraan mereka di rumah, gitu sob..jadi sekarang sudah tau kan kenapa nama blog-nya sego kucing....
oke skip ya perkenalan ulang nya.. sekarang kembali ke lanjutan tentang restorasi motor rx king kemaren yaa.
setelah ku observasi dan coba atasi beberapa kemungkinan part yang jadi masalah nya. dan setelah ku belanjakan part-part pengganti nya,antar lain piston os250 untuk rx-king produksi npp, serta seal kruk as kanan dan kiri nya yang ku ganti dengan oem parts berkode 93102-25860 (untuk bagian kiri) dan 93103-28806 (untuk bagian kanan).serta seal shock depan nya sepasang, ber-kode parts 3HB-F3145-00. serta 3 botol minyak suspensi produksi yamalube juga..(jadi motor ini ku restorasi dengan part-part original nya yaa, kecuali piston yang maksimal OS nya dari pabrikan cuma sampai angka 100 ). setelah semua part ku dapatkan, kemudian aku langsung ke bengkel bubut langganan ku untuk minta tolong korter dan honing ulang liner nya. lumayan juga lamanya aku tunggu di sana, karena antri sih.
aseekk....mulai bisa di rakit
selesai proses di bengkel bubut, segera saja pulang dan coba assembly lagi semua part-part nya. mulai dari merangkai gear-gear transmisi di crankcase nya, kemudian memasuk kan kruk as di di karter nya. lanjut dengan memberikan sedikit lem packing di permukaan pertemua crankcase kanan dan kiri nya..ingat yaa, sedikit saja...yang penting merata di permukaan nya, biar nanti waktu kita rakit antara crank case kanan dan kiri nya, lem packing nya tidak sampai meleber ke mana-mana.
untuk merapatkan crankcase pun, ku pakai crankcase separator buatan ku. jadi tak ada proses getok dengan palu karet sekalipun saat merangkai kruk as di dalam crankcase nya, dan asik nya lagi, crankcase separator ini bisa di pakai di berbagai macam type mesin buatan yamaha. karena pcd lubang baut untuk tiang nya sama.
oh iya, seal kruk as juga sudah ku ganti sekalian dengan part baru yang sudah ku sebutkan di atas.
packing block cylnder bagian bawah pun ku ganti dengan part baru original ber kode part 3KA-E1351-00. untuk menempelkan ke crankcase nya, ga perlu pakai lem packing koq ..
posisi piston di TMB
cukup di olesi olie bersih di kedua permukaan nya.
kemudian....disusul dengan pemasangan piston di conrod /stang seher nya. pastikan tanda panah menghadap ke lubang buang nya.
karena jika kita memasang piston dengan arah yang benar, meminimalisir gesekan di dalam liner cylinder nya, karena perbedaan jarak offset lubang pin piston sudah di perhitungkan oleh pabrikan untuk meminimalisir gesekan piston dengan liner ,untuk efisiensi mekanis juga inti nya.
(gambar nya bisa di intip di sebelah ini ya sob).
setelah piston terpasang dengan benar posisikan piston di titik TMA (titik mati atas ) nya, disusul dengan memasang block cylinder ke crank case nya, masuk kan piston ke dalam block cylinder, hati-hati...jangan sampai ring piston nya ga bisa meluncur dengan normal di dalam liner block cylinder nya.
kemudian dorong block cylinder kebawah pelan-pelan, sampai piston masuk secara utuh, dan baut stud pengikat block cylinder nya bisa masuk semua. (jangan lupa juga, saat memasang block cylinder ini; liner nya di lapisi olie baru dulu di permukaan dalam yang sudah kita korter tadi yaa biar piston bisa meluncur dengan mudah di dalam block cylinder  )
saat piston akan menutup lubang transfer nya

kemudian.............. kencangkan mur-mur pengikat block cylinder ke crankcase nya....prosedur pengencangan mur-mur pengikat ini musti silang ya sobat, agar pengencangan nya merata pada ke empat penjuru.
setelah ke empat mur terpasang kuat...piston bisa kita jajal pergerakan nya di dalam block cylinder, untuk memastikan pergerakan nya lancar dan tak terhalang apapun.
bisa kita gerak kan dengan memutar magnet yang kita pasang di kruk as bagian kiri (blum perlu di kunci kuat magnet nya kalau untuk jajal pergerakan piston ini).
untuk bagian head cylinder / blok kop nya. di pasang nanti setelah mesin naik ke rangka motor, biar ga kesulitan kita memasang nya, karena biasanya kalau kita rakit duluan  mentok ke rangka nya bagian cylinder head nya ini. jadi cukup di tutup kain lap bersih aja dulu bagian permukaan block cylinder nya. yang pasti jangan lupa bersihkan deposit kerak di squish dan ruang bakar nya. untuk mesin rx king ini, malah sekalian ku poles seperti fizr ku di rumah

selanjutnya adalah merakit bagian kopling nya.serta part-part lain di kompartemen kopling. mulai dari gear penggerak starter nya.
head nya lupa..... telat di bersihkan :D
pasang clip pengunci bagian dalam disusul ring washer kecil, kemudian gear idle starter nya disusul ring washer luar dan di kunci lagi dengan clip bagian luar. lalu pasang as penggerak starter nya disusul menempatkan per kick starter nya.
baru kemudian memasang gear primer sebelum part kopling nya.
pasang gear primer nya, di susul spie kotak nya , dan di kunci dengan disc spring(ring per berbentuk plat) nya .pastikan pemasangan disc spring nya tidak terbalik, yang ada tulisan out nya di bagian luar ya sob. baru di kunci dengan mur nya.
lanjut bagian kopling kita susun. washer (ring plat khusus) pertama masuk ke as transmisi, disusul bushing , kemudian rumah kopling dan gear sekunder nya. baru boss kopling (matahari kopling di sebut awam-red) dan di kunci dengan disc spring seperti di gear primer nya. jangan sampai kebalik juga pokok nya . bagian yang ada tulisan out harus menghadap keluar. dan akhirnya di kunci dengan mur nya.
kubah squish juga di poles deh
untuk mengencangkan mur pengunci bagian kopling ini di tahan dengan tools special yang ku buat dengan memanfaatkan plat gesek bekas. dengan menggunakan special tool ini, pengencangan bisa maksimal dan tidak merusak bagian rumah kopling nya. selesai bagian ini, susun kampas kopling dan plat gesek nya, kemudian disusul memasuk kan as stud pendorong,lalu plate pressure (cover rumah kopling) nya; dan tinggal pasang per kopling nya. untuk rx king ini, per kopling nya selingkuh dengan per kopling FU yang sedikit lebih kenyal dari pada standard nya, biar dekapan nya lebih kuat dan merata. kemudian tinggal di tutup dengan bak kopling nya. selesai sudah bagian kanan nya.
oh iya, diatas ini video saat jajal pergerakan piston di dalam cylinder saat di rakit.
setelah perakitan kopling selesai, sekarang rakit bagian spul dan magnet nya. untuk perakitan area ini gampang lah ku bilang, karena part nya sedikit dan sudah ada tempat-tempat nya sendiri. mengencangkan mur pengikat magnet / rotor assy tinggal di tahan dengan magnet holder dan kunci socket 19mm. di susul pasang sprocket depan ya sob, biar ga repot nahan nya nanti, kunci sprocket depan dengan mur nya, pakai kunci sock 26mm untuk mengencang kan mur nya.
untuk steel ball bagian pendorong stud kopling di masuk kan dari sebelah kiri, dan di tutup dengan push rod /batang pendorong kopling nya. selesai...mesin rx king tua ini bisa naik ke rangka nya sekarang.
naik kan mesin ke rangka, dan kunci posisi nya di rangka dengan 3baut pengikat mesin nya..baru lah cylinder head/ cylinder kop nya ku pasang. tak lupa pasang packing head tembaga nya, lapisi dengan lem packing tipis merata untuk mencegah kebocoran kompresi. kemudian letak kan cylinder head nya an kunci dengan mengencangkan ke empat mur nya. kencangkan saling silang, agar pengencangan nya merata. setelah area head yakin kencang, baru pasang cover magnet nya, stel sekalian jarak main nya. 'selesai ??' ; belum, kan footstep sama knalpot nya belum.
lanjut pasang footstep nya ke rangka dan di lanjut knalpot nya, pasang packing knalpot disusul knalpot nya. kencangkan dulu bagian pengikat knalpot nya di area cylinder, baru sektor belakang di kencangkan. Nahh......kebetulan owner nya sudah antarkan karbu bawaan nya (mikuni vm26) malam sebelum nya ,jadi bisa pasang lagi karbu ori nya rx-king ini, meskipun musti buatkan jarum skep nya, soal nya jarum skep original nya entah raib kemana.
waktu test karbu ini, bisa langsam pertama nya, tapi ketika gas di tarik malah mesin mati. setelah ku cermati dan banding kan dengan part original yang ku punya....ternyata jarum buatan ku ini masih terlalu gemuk profile nya, musti di finishing lagi biar pasokan bbm nya ga terlalu miskin.
bisa di jepit di chuck mesin bor dan di finishing dengan kertas amplas untuk pembentukan jarum skep nya. selesai finishing jarum skep nya, tinggal test nyalakan engine nya lagi...
Dan...........horeeee....berhasil juga mesin rx-tua ini kembali hidup, tanpa kebocoran-kebocoran lagi di area cylinder pastinya..
wuihh...dah panjang ternyata cerita kali ini...sambung besok lagi ya sobat tinggal benahi kaki-kaki depan nya aja koq..
to be continued..............  
cape om ? diambilin minum mau ? :p
advertisements

0 komentar:

Posting Komentar

Pengikut