Home » , , , » Babyblue Lagi Apes- Tapi Happy Ending ( juga ) Akhirnya

Babyblue Lagi Apes- Tapi Happy Ending ( juga ) Akhirnya

advertisements
.
Jumpa lagi dengan bakul angkringan di sini..
salam damai untuk semua pembaca blog yang kurang terurus ini ya..
kiranya damai dan sejahtera dan berkat dari Sang Khalik selalu beserta anda semua.

Cerita kali ini, tentang apes nya tunggangan ku, si babyblue.
lupa aku tepat nya kapan kejadian ini, tapi yang pasti.
saking ke enakan betot gas si babyblue di tikungan cichane ke arah curug, kawanku yang item manis ini  (yang kalau manis nya habis, tinggal item n ndut nya doang ya ) . dia tidak menyadari kalau ada mobil dari arah depan yang akan menyalip di tikungan.
dan akhir nya , karena kaget ; dia banting ke arah kiri.
dan sukses.....
sukses menghindari mobil sekaligus nyemplung dikit ke got. (lah ini sih ga sukses beneran nama nya yakk ?? :D )
selesai dia menunaikan urusan di curug, untuk beli spare part .
pulang lah dia ke rumah, dengan sedikit pucat dan sedikit takut kena omelan.
karena sayap kiri si blue lecet. dan ada sedikit kotor di baju nya.
dia ga enak hati kalau sampai aku marah-marah karena si blue nyusruk ke got.

tapi bukan itu yang bikin aku panik, ku suruh dia untuk angkat kaus nya ke atas, untuk pastikan ga ada luka dalam di badan nya.
sambil berusaha benar-benar meyakinkan ku, kalau dia baik baik saja.
Puji Tuhan , dia memang ga ada cidera dalam, meskipun kepentok stang nya si blue.
soalnya, prinsip ku, mending motor yang rusak dari pada kawan ku yang cidera.
toh, meskipun motor rusak, masih ada toko sparepart yang jual part nya, sekalipun parah kerusakan nya.

Dan setelah sekitar seminggu kejadian itu berlalu...
inilah yang tak ku sadari, kupikir memang cuma baret-baret aja sayap si babyblue .
ternyata................ eh jebul nya.............. :D
si babyblue pun cidera dalam (halah.....lebay amat yakk )
ini tanda-tanda penyakit dalam si babyblue
yupp, seperti di atas itulah tanda-tanda sakit yang di derita si blue.
ada rembesan olie di bawah mesin nya setiap kali di pakai jalan,
dari area depan, aku ga temukan kebocoran , tapi tiap kali habis di ajak jalan, selalu ada rembesan seperti ini.
kalau di biarkan lama-lama bisa kering nih pelumas nya.

oke deh, ga pakai lama-lama lagi, segera telanjangi body depan babyblue.
untuk observasi dan pastikan, dari manakah rembesan ini berasal.
ternyata, dari bagian bawah block cylinder asal rembesan nya.
ambil kunci socket 12 untuk kencangkan mur head nya..
tapi....untung tak dapat di tolak, malang tak dapat di raih.
kedua mur pengunci head bagian atas bisa ku kencangkan, tapi dua-dua nya bagian bawah ga bisa kencang...

Hmmm, pasti ada apa-apanya nih, sama part pengunci nya.
entah ulir jantan di baut tusuk sate, atau malah di ulir betina di crankcase nya..
ternyata...hiks... :sad: seperti di bawah inilah keadaan nya
ulir betina di crankcase yang gundul.
walahhh....cilaka bener dah..
mana kanan-kiri lagi huffftt...
setelah ku ingat-ingat, pasti kejadian di atas penyebab nya.
pas nyusruk ke got itu mesin terantuk ke bibir got.
dan mendorong block cylinder beserta head nya ke atas, alhasil, ulir di crankcase yang terbetot sampai akar nya.
beneran gundul euy ulir nya
Pantas aja selalu rembes dan ga bisa di kencangkan.
langsung ambil tap recoil M8 dan insert nya. tap ulang lubang baut gundul nya.
sampai mentok dan masuk kan insert recoil ukuran M8 ke tempat semula.
repair worn thread ini berhasil ku lakukan untuk lubang baut di crankcase kiri.
tapi yang di kanan, ternyata lubang nya sudah oversized.
ga bisa lagi hanya mengandalkan insert recoil.
hmmmm, musti putar otak lagi lah, biar bisa terpasang rapi dan aman lagi ikatan nya.
karena baut tusuk sate nya mengikat block cylinder dan head, sekaligus menahan ledakan di ruang bakar. bakalan riskan sekali kalau sampai ga kuat ikatan nya.

langkah yang cukup ekstreem terpaksa ku lakukan.
setelah ukur ruang tersisa di crankcase, di bekas lubang baut nya, serta kedalaman ulir di crankcase, akhirnya ku putuskan untuk tambah daging nya dengan baut baja ukuran M12
agar aman nanti waktu ku bor diameter 6.8mm kemudian di tap ulang ukuran M8.
karena ; jika aku perbesar dan tambah daging ke ukuran M10, diameter minor dari baut M10 hanya 8.5mm ; sedangkan baut stud tusuk sate ukuran ulirnya M8 , berarti sisa tiap sisi cuma 0.25mm.
Dengan catatan bor ulang nya benar-benar center.
dan ini harus libatkan tukang bubut.
sedangkan si blue di bongkar, ga ada kendaraan lain yang bisa di pakai meluncur ke tukang bubut.

Okay, fix..
berikut ini langkah yang ku kerjakan..:
  • ambil bor ukuran 10.5mm dan perbesar sekalian lubang baut nya,
    sampai kedalaman 28mm. 
  • kemudian tap dengan tap M12 sampai mentok ujung tap nya ke dasar lubang nya. 
  • masuk kan baut baja M12 sampai mentok,
  • dan di potong mepet ke crankcase, 
  • kemudian rapikan hati-hati dengan gerinda flexiplex sampai rata permukaan nya dengan crankcase.
  • dengan asumsi, baut yang masuk bisa sekitar 20-22mm, 
  • di bor ulang diameter 6.8mm di center nya, usahakan tegak lurus, 
  • dan di lanjut proses Tap M8. sampai mentok juga.
asumsi ku, dengan proses ini, baut tusuk sate nya bisa masuk mentok, atau minimal bisa terikat 16-20mm. dengan perhitungan 2-2.5 diameter mayor ulir, pasti ikatan nya bisa maksimal.
test pasang baut tusuk sate, dan...horeee it's work.
bisa masuk full ulir nya, dan ikatan bisa di pastikan kencang.

ehh...keingetan, ada stock piston baru.
Kelar ngakalin baut tusuk sate, koq tiba-tiba inget, kalau babyblue masih punya stock piston beberapa set lagi. mana ukuran terkecil nya OS75.
pas banget kalau sekalian ku upgrade, sambil test run kehandalan piston produksi TKRJ japan ini.
tuh, cuma OS75 ya, jangan di kira kubikasi nya ekstreem
telp juragan nya si belang deh buat minjem sibelang, sambil ngetest sibelang juga .(di siksa dikit juga sih , tapi ga ngaku aja sama juragan nya :p )
bungkus block cylinder nya sama piston baru ini, meluncur ke daerah cimone.
buat ngorterin block cylinder nya (meskipun belum baret-baret sih liner dan piston nya )
tapi karena rasa penasaran untuk jajal performa nya piston ini dah sampai ubun-ubun, terpaksa piston standard OEM OS50 yang sebelum nya terpasang, di paksa lengser dari tugas nya. untuk di gantikan piston set TKRJ  OS75 ini.
sempet mejeng di depan meja redaksi segala
Kelar urusan korter, segera cuss, pulang untuk bersihkan block cylinder serta piston nya dari residu cutting oil mesin korter.
ganti sekalian packing block bawah nya, dan pasang piston baru babyblue segera.
rakit seperti kebalikan langkah bongkar nya.
stel ulang klep nya, dan pastikan semua rapi.
isi pelumas fully synthetic ke bak kopling, dan mulai test run static si blue.

lumayan lah rada padet, karena masih baru.
check semua bagian luar mesin nya..dan pastikan ga ada lagi rembesan olie dari manapun.
barulah reyen ulang si blue.
aman...penyakit teratasi
awet-awet ya blue....jangan suka ngambek kaya si belang yaa..
peace om...peace 




advertisements

0 komentar:

Posting Komentar

Pengikut