Home » , , , » Kisah Si Buntung (Scorpio Z )

Kisah Si Buntung (Scorpio Z )

advertisements
Hadir lagi....
kali ini, sedikit nyeleneh.
kalau biasanya kita pegang keluaran yamaha jenis bebek / cub / underbone (tulang  rangka nya di bawah ). Namun kali ini ada yang rada beda ; karena ada satu pasien batangan  yang masuk.
milik seorang Kawan karib , yang nota bene nama nya pernah muncul di tabloid otomotif terkenal di negara kita ini.

Sebelum nya, ubahan yang diterapkan pada salah satu tungganan nya ini memang cukup eksentrik.
dari potong rangka, minimalisir sektor kelistrikan pengaplikasian setang lebar dan di rubah ke tampilan klasik semi tracker.
karbu yang di tempel kan pun, sudah menggunakan keihin PE28, di tambah knalpot dari vendor R*
tapi...bagi beliau masih ada yang kurang, kurang gahar dan kurang nendang . "what ???
segitu buat touring n harian kurang ??
" batin ku.

terus gimana dong biar lebih nendang ?
ternyata ,beliau tergoda dengan design pipa knalpot babyblue setelah patah kemaren .
dan ingin di cangkok kan ke si buntung ini.
Plus, kebetulan ada satu karburator PJ34 sudco yang lagi nganggur.
di cangkok kan lah kedua part ini untuk melengkapi gahar nya mesin si buntung.
gede banget PJ34 sudco ini ternyata di rangka buntung
lalu, apa saja yang harus di sesuaikan ,agar karbu yang lumayan gambot ini bisa sukses terpasang di rangka scorpio modif ini ?
karena intake standard nya tidak mampu lagi mengakomodasi diameter moncong belakang karbu nya.
setelah ukur sana-ukur sini serta compare dengan vendor lain yang beredar di negeri ini.
ternyata, Intake milik Honda tiger lah yang mampu untuk mengakomodir besarnya moncong karbu PJ 34 ini.
akhir nya PJ34 sudco bisa duduk manis di mesin si buntung
Itu pun masih kena sentuhan pisau tuner lagi,
karena ; asli nya , intake tiger original masih made in japan lho  ( yang harga nya hampir 3x lipat harga intake original berkode 5BP , original nya yamaha Scorpio ) - masih memiliki step di bagian dalam intake nya , yang mengarah masuk ke head.
dan tentu nya bagian bertingkat ini sedikit mengurangi efisiensi aliran udara yang masuk ke ruang bakar.
bahkan cenderung menciptakan turbulensi nantinya. maka dari itu, terpaksa lah di bentuk ulang, agar bentuk nya menyerupai corong yang langsung masuk ke ruang bakar.

dan pemasangan nya pun, musti di balik posisi nya, agar tidak mentok ke tangki si buntung ini.
sedikit penyesuaian di jarak PCD lubang baut pengikat intake pun ku lakukan.
Lhooo..rangka downtube nya jadi tiga :D
Selesai di sektor pemasangan karbu, beralih ke sektor pelepasan gas buang.
seperti yang sempet di singgung di atas tadi, kawan karib ku ini ingin design powerboom di cangkok kan pada si buntung.
kelar nemplokin karbu, tentu saja masih butuh setingan lanjut , langsung giring si buntung ke workshop untuk di mal pipa baru nya.

pipa stainless di pilih untuk menggantikan pipa bawaan nya yang mulai terserang karat.
tembolok powerboom si buntung serem juga ternyata
Karena pipa stainless lebih tahan karat, dan juga memiliki sifat logam lain yang bagus untuk efisiensi mesin, yaitu : cepat menyerap panas, dan juga cepat melepas panas.
meliuk cantik di bawah mesin
selesai untuk proses mal dan welding pipa si buntung, sedikit koreksi juga design saringan di silencer nya, biar ga terlalu pekak suara output nya ( ga enak sama tetangga soalnya ) .
lanjut proses seting karbu nya.
karena setelan sebelum dan setelah terpasang pipa knalpot baru ada sedikit perbedaan.
PJ kita pakai ukuran 45-48 dan MJ nya 152
tinggal seting AFR nya biar pas sama kebutuhan.
tampilan minimalis si buntung yang sembunyikan garang nya.
Sudah ? kelar kah ??
malam hari nya setelah ku kasi kabar pada owner si buntung, kalau pesanan nya sudah jadi.
meluncurlah beliau ke warung , untuk test ride.
pertama, jajal sudah oke..
tapi, setelah semalam di kediaman nya, ada sedikit komplain..
kalau hentakan akselerasi si buntung belum cukup buat matahin kaki rider nya  ; hayahhh.....
usut punya usut, ternyata selang penyumbat neeple di intake tiger nya lepas.
pantas aja ada udara palsu, yang bikin kacau setingan AFR.
setelah di ganti selang penutup nya, ....
kelar....performa si buntung sudah cukup buat owner nya.
aku sendiri ogah jajal nya...seremmmm

okay, segitu dulu cerita tentang si buntung ya..
next time, di sambung dengan cerita lain nya..
rada brutal seperti si buntung
advertisements

0 komentar:

Posting Komentar

Pengikut