Home » , , , , » Sang Raja yang Hampir Ambruk part3

Sang Raja yang Hampir Ambruk part3

advertisements
Akhirnya....bisa nerusin lagi cerita tentang restorasi rx-king milik juragan sepatu. setelah kemaren kita poles-poles area crankcase dan setelah di rakit bagian crankcase kanan dan kiri nya.. trus selanjut nya adalah treatment di area block cylinder dan head (blok kop) nya.
Di area block cylinder, proses menggosok semua permukaan yang kasar seperti profil kulit jeruk di lakukan seperti pada proses pembersihan crank case. metode nya juga sama seperti saat membersihkan dan memoles block cylinder si orange yaitu menggunakan bilah kulit bambu, yang di lilit dengan kertas amplas.
ini butuh waktu rada lama memang dan kesabaran kita di uji di sini. agar hasil polesan nya nanti bisa maksimal. Sedangkan khusus untuk lubang buang nya, masih bisa di kerjakan dengan mesin bor tuner. seperti inilah kira-kira hasil poles nya :
ga keliatan kinclong ya ? salah arah ambil gambar kayanya

kalau di lihat dari atas, memang sudah terlihat mirror di area lubang buang nya , seperti foto di bawah ini, pantulan bayangan batere jelas kan ? :
kinclong euy...
untuk port in di belakang karbu, yaitu lubang port in utama , yang mengirim kan campuran bbm dan udara ke ruang karter dan juga ada yang direct ke ruang bakar, karena space nya lumayan lega, bor tuner masih bisa kita gunakan. tetapi di port bilas dari ruang karter, di bawah block cylinder, musti di kerjakan manual. sebenar nya ada alat nya, gerakan berputar di konversi menjadi gerakan maju mundur, namanya turbo lap ; biasanya bengkel-bengkel moulding plastik atau dies berskala besar yang memiliki alat ini, karena sering kali permukaan mould plastik membutuhkan permukaan mirror finishing. intinya, alat ini mahal harganya. :D (nambahin cerita doang sih ini)

sedangkan untuk area head, kubah (squish) nya masih bisa ku kerja kan dengan mesin tuner rotary, tetap menggunakan amplas, tapi ukuran halus yang ku pakai, di susul dengan finishing poles batu ijo. hasil nya seperti di bawah ini lah :
ealahh...malah di pakai asbak :/
selesai proses polishing, bilas semua part nya baik block cylinder maupun head nya.. piston yang semula hanya ingin meremajakan ring nya, malah di ganti satu set oleh sang owner. piston ; ring set ; pen piston ; serta bearing roller small end ada dalam paketan pembelian piston kit ini. ukuran nya tetap OS100.

selesai perakitan piston ke conrod nya, serta memasang block cylinder, blok kop nya tak bisa langsung di pasang, karena akan menyulitkan saat nanti menaikkan mesin ke rangka nya, mentok ke back bone saat di angkat ke rangka. berarti area kopling lah fokus selanjut nya.
semua plat gesek dan kampas kopling di remajakan. ga ada kendala di area ini, karena semuanya PnP, di tambah penggantian per kopling dengan produk dari tdr yang lebih kenyal.
berarti, mesin sudah bisa kita naikkan ke rangka nya. proceed..
lanjut dengan pasang kembali semua socket-socket yang kita lucuti. kemudian pasang blok head nya, kencangkan sesuai torsi yang di anjurkan pabrikan. kemudian memasang cover magnet yang juga jadi satu dengan mekanisme penonjok kopling nya. diarea ini pun tak banyak kendala yang kutemui. tinggal memasang karbu nya, yang tentu saja sudah ku check dan bersihkan. tapi kulihat ada sedikit keanehan di bagian box filter nya, di samping kotor, di bagian belakang tutup box filter, ku temukan lubang bor buatan, pasti di buat owner atau mekanik sebelum nya nih.

sekalian aja ku check dan bongkar box filter nya, residu debu di dalam nya ku cuci dan bersihkan , biar nanti udara yang masuk pun ka kotor-kotor banget lah.
tapi setelah lihat baggian sekat nya, keisengan ku muncul, ambil bor diameter 6mm, dan buat lubang tambahan di sekitar lubang hisap aslinya, yang berbentuk segi tiga, sekalian aja biar hisapan udara nya ga terhambat lagi karena sekat ini :D :D hehehehe...toh ga keliatan dari luar nanti.
selesai, tinggal rakit kembali boks filter nya dan pasang ke rangka nya, klem kan ke moncong karbu, dan siap di test.
tak lupa masuk kan pelumas full synthetic untuk sang 'raja' ini, biar benar-benar bisa lindungi komponen nya, ga papa lah pakai olie yang sedikit mahal.... :)
berikut ini rekaman saat sang 'raja' mulai bangkit dari tidur nya...
oh 'iya hampir kelupaan, expansion chamber alias knalpot nya juga di upgrade dengan type kolong stainless, bikinan workshop rekanan, yang sering bikin powerboom juga sih..
silahkan nikmati video nya, kritik dan masukan, di tunggu

sekian dulu yaa...cerita membangkitkan sang "raja' kali ini..
nanti kalau ada cerita lain nya, segera ku update lagi koq..
peace...
buruan jemput adek di taman ya bang..
dah mulai panas nih...  :p


advertisements

0 komentar:

Posting Komentar

Pengikut