Home » , , , , » Bebek Goreng Biru Part 1

Bebek Goreng Biru Part 1

advertisements
Selamat pagi......
(eh, pagi kan di tempat saudara-saudara semua ? ; kalau pun baca nya ga pagi hari, tapi semangat nya tetep semangat pagi ya... :) )hmmmm, kali ini mo cerita tentang apa lagi ya ?
jangan bosen ya baca-baca cerita ku yang kadang ngalor ngidul.

kalau kali ini cerita tentang bebek goreng boleh kan ? masih sama-sama keluaran pabrikan garputala, tapi ini umurnya lebih tua dari babyblue ku. juga dapur pacu nya menganut 2 stroke engine.
ngebul dah pokok nya. yupp, betul..yamaha F1ZR full clutch keluaran tahun 2003 pertengahan.
ini penampilan awal nya di olx daerah solo raya
berawal di awal bulan december tahun 2015 kalau ga salah, 
pagi-pagi bulan december, sering hujan. nongkrong di depan komputer, dan iseng buka-buka olx untuk daerah solo dan sekitar nya.
koq nongol sosok yang sering ku ingin kan dulu pas masih baru-barunya berkeliaran di jalanan.
tapi apa daya....saat itu kondisi keuangan ga memungkin kan untuk meminang salah satu nya..hiks :sad: sedih lah kalau inget-inget masa itu.. (koq jadi mellow gini sih ?? siapa yang nyuruh coba ? )

Skip ahh nostalgia nya..
berhubung harga yang di tawarkan di olx saat itu tidak terlalu mahal, tertarik juga untuk mengontak penjual nya, tapi kendala nya cuma satu. aku di tangerang ; unit nya di solo.
akhirnya minta tolong adek ku dan tetangga di solo untuk check keadaan dan kondisi mesin si biru ini.
meskipun banyak kekurangan nya, tapi mau gimana lagi...love on first sight kali ya :D
dan ga pakai acara lama, di tebuslah si biru ini dari penjual nya, ternyata sudah tangan ke tiga lah unit ini sampai di tanganku ; eh, tangan adek ku maksud nya.

pulang di akhir december th 2015 lalu, sampai di rumah ku check keadaan nya.
dan memang butuh banyak peremajaan di semua sektor.
  • dari rem depan yang sering nyeplos, 
  • suara mesin yang sangat kasar, 
  • begitupun suara knalpot yang sangat berisik. ternyata knalpot nya sudah di bedah ( bedelan kalau istilah gaul nya ). 
  • begitupun aki nya , sudah raib entah kemana. 
  • penerangan yang hidup segan ; mati tak mau.....duh, banyak bener PR-nya.
  • belum lagi jalur pompa olie samping yang seharus nya mengikuti putaran grip gas, ternyata sudah di non aktif kan , dan cuma di seting seadanya, mau rpm rendah, atau rpm tinggi, segitu-gitu aja pokok nya takaran debit olie samping yang di kirim ke karbu. 
Walahhhh....buanyak bener ternyata minus nya,
ngerjain PR pertama
yakk, mumpung ada kawan dari pati yang maen ke rumah saat itu, sekalian aja ku ajak buat bongkar bagian kopling nya yang sangat keras dan kasar suara nya.
penasaran banget sih soalnya, apa sih penyebab nya ? koq sampai separah itu suaranya.
ternyata, mangkuk kopling primernya sudah aus parah, dan cuma di gerinda untuk meratakan permukaan nya, yang ku yakin sudah seperti sisir pasti bentuk nya.

ga ada option lagi, langsung hunting aja mangkuk aluminium kopling pengganti nya. sekalian sama karet dumper kopling nya, minimal bisa mengurangi berisik nya suara dari area kopling nya lah pikir ku. di lanjut penggantian kampas kopling 3YR, kebetulan suhudeng dari serang ini berbaik hati untuk berbagi temuan harta karun nya beberapa bulan sebelum nya. dan kebetulan juga kampas kopling berkode 3YR memang OEM part dari yamaha F1ZR.
plus mengganjal baut pengikat per kopling nya (dengan ring per 5mm ). karena ternyata, per kopling si biru ini sudah di ganti dengan per kopling milik RX-King oleh pemilik sebelum nya.
lanjut ke penggantian pelumas nya, langsung tuangkan pelumas fully synthetic yang sengaja kubawa dari tangerang. cukup untuk saat ini, karena keterbatasan peralatan yang aku bawa dari tangerang.
pinjam ke kawan ku pun, special tool yang ku butuhkan blum tentu ada.
cukuplah segitu dulu, karena waktu ku di akhir tahun itu ga terlalu banyak. musti urusi BPJS untuk berobat mamak juga soalnya, dan ga bisa di selesaikan dalam satu hari. mugkin di bulan februari nanti bisa lah sedikit-sedikit ku perbaiki si biru ini, biar bisa kembali memdekati performa awal nya waktu keluar dari pabrik.

Seiring berjalan nya waktu, di bulan februari, aku musti harus pulang lagi ke solo, selain untuk jemput mamak ku yang dalam masa pemulihan, juga untuk mengurus perpanjangan SIM ku yang habis masa berlaku nya.

tapi, dari tangerang aku sudah persiapkan beberapa part untuk ku benamkan pada si biru ini.
apa saja itu ? diantara nya :
  • Karburator vm26, copotan dari babyblue yang lagi cicipin pwk 28 sudco .
  • intake optional untuk karbu variasi khusus F1ZR
  • beserta intake 5BP yang lebih bagus kualitas nya di banding bawaan intake variasi
  • lidah membran (reed valve ) original F1ZR berkode 4NR-E3613-00
  • satu set throtle cable kit (kabel gas) untuk aktifkan lagi pompa olie samping nya
  • satu set hand grip kanan dan kiri
  • satu set seal master kit rem depan
  • satu set cakram depan ukuran 320mm, lungsuran dari babyblue ku juga
  • pedal kick starter jupiter kode 5LM-E5620-00
  • sepasang shock absorber belakang marzocchi, lungsuran babyblue juga sih
  • pedal persneling MX old ; lagi-lagi lungsuran babyblue.
  • serta knalpot merk B-pazz yang ku tenteng dari tangerang, padahal pabrik nya di jogja.


ini dia karbu vm26 lungsuran babyblue
rada bingung juga , mana yang harus ku kerjakan duluan.
ya udah, dari depan deh aku urutkan kerjaan nya , yang gampang-gampang aja dulu deh.
pertama mengganti piringan standard nya yang sudah mulai aus, dengan piringan PSM bekas dari babyblue beserta adaptornya ; lahh...trus si babytblue ga pakai piringan dong ?
ada ; lagi dalam perjalanan, soalnya lagi re-order ke online seller, tapi barang nya lambat datangnya.
kemudian beralih ke pemasangan kick starter standard jupiter ke si biru,
pedal persneling nya belakangan malahan, karena musti ada penyesuaian tekukan nya.
dan musti dengan bantuan ragum juga untuk kita rubah arah tekukan nya.
mulai deh kelihatan sedikit "hidup"
lanjut bongkar kaki-kaki belakang nya untuk ganti kan shock absorber merk DBS yang kurang nyaman, di gusur oleh shock absorber tabung Marzocchi bekas dari babyblue.
di pemasangan part ini, harus ada proses coak-coak body ternyata.
karena jalur tabung shock nya menggesek body si biru, dari pada mengorbankan kenyamanan dan keamanan, mending body aja yang di korbankan, tokh ga terlalu ter ekspose nanti nya.
lanjut pasang expansion chamber made in djogdja
Langkah berikut nya, ternyata malah musti telanjangi body depan nya, karena untuk memasang karbu plus intake dan membran, mesin F1ZR musti di tunduk kan sedikit, caranya ; lepas kedua baut pemegang mesin nya , di bagian depan dan tengah atas.
barulah intake bisa di akses. lepas intake lawas , sekalian rumah membran nya, pasang membran baru di susul intake nya, baru lah karbu vm26 nya bisa di pasang.
setelan nya masih ngikutin setelan jupiter :D ntar lah liat hasil akhir nya dengan setingan ini.

selanjut nya pasang knalpot kolong ini, ternyata..musti copot standard tengah nya agar knalpotnya bisa terpasang rapi ,walahhh... bakalan repot nih, kalau musti service si biru.
ga papa lah, bisa di akali dengan paddock stand nanti
setelah karbu terpasang , knalpot terpasang plus kick starter nya.
lumayan cape juga, akhir nya tunda pemasangan hand grip kanan kiri baru nya, serta throttle cable kit nya. masih aman pikir ku.
rem depan hasil donasi babylue.
lanjut setinga karbu aja lah, denga knalpot baru ini.. berhubung di komplek perumahan, ga berani geber-geber lah setingan tetap berpatokan pada setingan babyblue ; esok nya ...waktu antar mamak ke jogja lah baru ketahuan kalau setingan nya terlalu kering di atas nya, begitu juga setingan debit pompa olie samping nya terlalu kering. walhasil, di daerah sawit (jalan jogja-solo) si biru ini sukses ngejim piston nya :D :D wakkakakaka.
"pasti dah kaya di parut nih piston nya." : batinku.. tekan kopling segera, dan biarkan si biru meluncur sampai berhenti.
gini baru jelas penampakan pedal kick starter baru-nya yaa
sambil senyam-senyum kecut, karena tak memperhitungkan umur tua mesin ini, aku melipir kepinggir, dan diamkan sebentar mesin si biru, sekitar 10-15menit kemudian, baru aku coba engkol lagi starter nya, dan benar saja..di awal mesin running, ada suara kasar dari area depan, hahahaa..
piston nya pasti pikir ku, tapi ya sudah, ga mungkin juga aku bongkar di tengah jalan begini.
yang penting misi ku antar mamak ke jogja dan kembali lagi musti sukses dulu.
setelah mesin si biru kubiarkan langsam beberapa menit, berubah sedikit halus lagi...hmmm, weird .
lanjut kan perjalanan ke jogja, dengan batasi rpm nya si biru. yang penting sampai dulu ke jogja, ga perlu uber-uberan lah, tokh sudah bisa di prediksi seperti apa nanti hasil nya.

singkat cerita, berhasil juga pulang ke solo dengan selamat.
esok nya lah baru ku eksekusi pemasangan cable throttle kit nya, sekalian hand grip baru nya.
ada beberapa penyesuaian di kabel yang bercabang ke arah karbu, karna sekarang menggunakan vm26, panjang seling nya musti di tambah 20-25mm, masih trik yang sama yang ku pakai, yaitu ambil dari potongan seling kabel gas vespa yang memang ga sengaja kebawa dari tangerang.(ga sengaja kebawa; tapi ada guna nya juga ternyata) sekitar 2 jam pemasangan dengan akal-akalan ala McGyver lah pokok nya, kelar juga akhirnya.
tinggal test dan setel debit pompa olie samping nya.

test nya sekalian di siksa sih :D
ke arah lereng gunung lawu, yaitu ke obyek wisata dan cagar budaya candi sukuh..
ternyata dengan pompa olie terpasang, tanjakan sadis khas rute ke candi sukuh berhasil di takluk kan, meskipun rada ngos-ngosan juga mesin nya, tapi si biru berhasil sampai di sana.
tinggal setelan debit pompa olie samping nya yang musti di kurangi, soalnya kaya fogging waktu di pakai nanjak, ngebul abisss :D :D
berikut oleh-oleh foto dari sekitar candi sukuh, lereng lawu, karang anyar.
di atas itu sudah kawasn hutan wisata ngargoyoso lhoo
candi sukuh ada di sebelah kanan atas foto ini
adem bener pemandangan nya, bikin males balik ke tangerang kalau dah kaya gini..
background nya kota kabupaten karanganyar dari atas 
untuk kali ini ga ada bonus ga papa ya....natural view aja deh, sambil si biru nampang
ehh ....nyampe juga sampai sini :D
okay, project bebek goreng ini masih berlanjut koq, sabar ya menunggu ulasan berikut nya..
udah kepanjangan kayanya cerita ngalor-ngidul kali ini.
advertisements

0 komentar:

Posting Komentar

Pengikut