Home » , , , , , , , , , » Bebek Goreng Biru Part 2

Bebek Goreng Biru Part 2

advertisements
Haloooo...jumpa lagi di sini...
selalu sehat-sehat aja kan semua rekan-rekan ?
kali ini mau ngelanjutin proyek bebek goreng biru di solo yang kemaren yaa..
karena waktu ku di solo cuma pas liburan, jadi proyek restorasi bebek goreng ini pun sering bersambung-sambung , sesempat nya dan kalau masih ada sisa celengan juga sih. soal nya , kadang risih juga mengendarai motor yang kurang fit.

Nah, di kesempatan saat itu, (lebaran tahun 2016 yang lalu kalau ga salah ) ada beberapa part yang ku bawa dari tangerang untuk proses restorasi tampilan nya. antara lain mika speedometer ; satu set lampu depan beserta relektor nya, Kunci kontak soul GT plus kabel jok nya , serta satu set body belakang beserta pet (sambungan body belakang bagian atas) nya.
sudah pecah-pecah di makan usia
karena kondisi mika speedometer sudah seperti diatas, dan sangat tidak nyaman untuk di pandang, segera saja proses penggantian ku lakukan, bongkar area batok stang nya, untuk mengganti head lamp assy dan smika speedometer nya.lepas kedua sein depan, untuk mengakses kedua baut pengikat pengikat cover stang ke stang nya.
dilanjut melepas cover belakang nya, agar bisa melepaskan speedometer nya.
untuk melepas kan cover mika speedometer ini, gampang sekali, dengan melepas kedua baut pengikat di kiri dan kanan speedometer ini. kemudian tinggal di angkat mika lawas nya, dan di pasang yang baru. seperti ini kondisi nya setelah terpasang :
resik lagi euy...
Setelah selesai memasang mika speedometer, tinggal di rakit ulang, langkah nya kebalikan dari cara buka nya, sedangkan untuk bagian headlamp assy. tinggal buka baut setelan ketinggian sorotan lampu nya, karena baut ini juga berfungsi sebagai pengikat headlamp assy di cover depan stang fizr. sedangkan pengikat atas nya hanya di sangkutkan pada lock hinge yang ada di main cover (batok depan ) nya . lepas headlamp yang lama dan pasangkan yang baru, ikat dengan baut setelan di bawah main cover nya. selesai sudah..tinggal di rakit kan ke stang nya nanti.

  'koq nanti ?' : iya, karena ada keusilan ku yang akan ku terap kan lagi di motor tua ini. apakah itu ? simak di bawah ini yaa....
ukur dulu lock bar (batang pengunci nya)
'apa itu ?' : ini batang pengunci dari main switch milik soul GT yang akan ku pasangkan ke fizr biru ini, "kenapa ? " : karnea meskipun motor tua, aku ga pengen motor tua yang jadi idaman ku ini raib karena di gondol maling sialan. jadi biar aman dan modis juga sih, aman karena ada magnetic secure key shutter nya, modis karena bisa buka kunci jok dari kunci kontak ini juga.
lagi di oprek dulu biar PnP
'emang bisa ya di satukan kunci jok dengan kunci kontak nya ?' : bisa lah, selama kita mau kreatif untuk memikirkan solusi nya. kendala pertama nya memasang main switch / kunci kontak ini adalah, batang pengunci nya terlalu panjang, musti di kurangi 8-9mm agar body rumah kunci kontak nya bisa nempel sempurna di rangka f1zr ini. kemudian rangkai lagi di rumah kunci kontak nya, di susul dengan membuatkan lubang baut baru di frame nya, tenang...ga sampai ke rangka utama koq, kan cuma plat dudukan rumah kunci kontak lama yang kita bor, bukan rangka utama. di bor dengan ukuran 5mm, kemudian di tap M6 untuk membuat ulir nya. tinggal test dan.............. berhasil, bisa untuk mengunci stang nya dengan lancar. kendala berikut nya adalah kabel output dari main switch baru ini cuma 2 kabel, yaitu merah dan coklat, kabel plus dan minus dari aki, sedangkan di kunci kontak f1zr ori nya ada 4 kabel , ada tambahan kabel hitam dan hitam strip putih .
ini yang sempat bikin rada bingung, kemana nyambung kabel hitam dan hitam strip putih nya ?
ternyata, untuk kunci kontak f1zr original, saat kunci kontak di putar ke posisi 'on' kabel yang tersambung adalah kabel berwarna merah dan coklat, sedangkan hitam (ground) dan hitam strip putih
(dari massa cdi) terputus . sebaliknya, posisi kontak 'off' kabel merah dan cokelat dari aki terputus, dan hitam serta hitam strip putih tersambung (ini yang memutus aliran listrik ke cdi dan mesin off karena pengapian nya diputus ).
musti bikin saklar tambahan deh..
Jadi, biar main switch assy milik soul GT ini bisa terpasang dan bekerja, kita musti buatkan tambahan saklar sebagai pemutus arus ke cdi , untung masih punya stock saklar kecil (dari pabrikan honda kalau ga salah ingat nih ). tinggal cari kan posisi yang pas untuk saklar nya, musti bongkar cover stang bagian belakng lagi ternyata.. untung tadi belum di rakit semua. hahahaha.....
oke lah, bikin coakan segi empat se ukuran saklar nya, pasang dan sambungkan kabel output dari saklar ke kabel hitam dan hitam strip putih. tinggal jajal deh, bisa ga dia matikan mesin nya.
dan.....horeeee..... it's work, berhasil deh, meskipun kunci kontak dalam kondisi 'on' mesin berhasil kita matikan, bagitupun sebalik nya .... fiuuffff.... ini aja sih kekurangan nya.. tinggal butuh adaptasi aja dalam pengoperasian nya nanti.

selanjut nya adalah mengaktifkan pembuka jok nya, jadi kalau posisi off, anak kunci kita putar ke kiri, jok bisa terbuka dari depan. pertama, ku lepas dulu mekanisme pengunci jok nya dari rangka , untuk pelajari cara kerja nya, ternyata sangat simpel, cuma memutar kait di dalam nya. berarti tinggal pikirkan cara nya agar kabel jok dari NJZ yang sudah ku persiapkan bisa mengait dan menarik kaitan pengunci nya.
tinggal ku bor aja rumah pengait nya dari depan dengan bor ukuran 5mm dan kecil kan sedikit ujung selongsong kabel nya, agar bisa masuk dan kemudian membuat lubang di kaitan pengunci nya.untuk posisi kepala seling nya. ga butuh waktu lama, mekanisme nya sudah berhasil ku modifikasi, tinggal pasang kembali ke dudukan nya di sub frame belakang. test untuk buka kunci jok dari kontak di depan dan.......berhasil ..... horeeeee (lagi :p )
Proses ini pernah ku terapkan juga di babyblue walaupun pemasangan kabel jok nya menyusul di lain hari
cukup rapi lah, cuma kotor blum di mandi kan
Aseeekkk, tinggal pasng semua cover body nya deh...
Ternyata body belakang yang baru blum di coak sedikit di bagian bawah, yang jadi cover shock tabung si biru, hmmm....sekalian di eksekusi aja dah, biar segera rapi si biru ini. juga untuk pet nya, ternyata lubang jalur kabel lampu rem di behel, serta lubang untuk posisi behel nya belum ada , meskipun sudah ada tanda tempat yang harus di lubangi sendiri. yo wis lah, lubangi lagi sendiri sambil di test sudah cukup belum lebar lubang nya, setelah 2-3 kali ukur dan jajal pasang behel nya, ternyata langsung pas , tinggal kunci dengan baut L6 bawaan nya..sambung socket kabel nya dan nyalakan mesin untuk test lampu rem nya menyala. kelar area belakang...

di area sayap dalam kanan lah sedikit kendala timbul, mainswitch (rumah kunci kontak) soul GT ini memang lebih besar dari bawaan nya, agar terpasang rapi, mesti sedikit melubangi sayap dalam nya.
ga papa lah, yang penting motor aman kalau di tinggal di parkiran.
ukur dan mal kan sayap nya, kemudian di marking dan di lobangi agar kunci kontak baru nya bisa bebas ga mentok lagi ke sayap dalam si biru, selesai di bagian sayap, tinggal perbesar sedikit lubang dudukan kunci kontak lama di cover rangka tengah nya, empuk...... karena material nya plastik PP. musti hati-hati juga, biar lubang nya ga terlalu besar dan bikin tampilan ga enak di lihat. test pasang dan.....seperti di foto atas hasilnya, rapi lah dan lebih aman untuk di tinggal di parkiran .
hasil ngebolang di air terjun jumog karang anyar.
istirahat dulu deh, seka keringat dulu....nanti baru di mandikan si biru nya, biar debu nya ga numpuk banget, kaya ga ke urus aja (emang adek ku di solo ga bisa ngerawat si biru ini karena kondisi fisik nya ) skip acara mandikan si biru.
besok nya adek ku dan kawan nya ajak aku dan keponakan yang ikut untuk liburan di solo untuk berwisata ke objek wisata alam air terjun jumog , untuk warga karang anyar, solo dan sekitar nya pasti ga asing dengan objek wisata ini. tiket masuk nya tergolong murah, namun....kesadaran para pengunjung nya untuk menjaga kebersihan kaya nya kurang deh :sad: masih banyak yang sering buang sampah di aliran air di bawah air terjun ini, entah dari pengunjung atau para penjual makanan di sana.

nampang di bagian bawah air terjun jumog.
Okay....sekian dulu ya cerita oprek-oprek si biru ini..
masih ada koq proses modifikasi berat selanjut nya, yang inti nya mengembalikan konsisi si biru ini ke kondisi masa kejayaan nya dulu.

bersambung.................

advertisements

0 komentar:

Posting Komentar

Pengikut