Home » , , , » Proyek si Paijo Part 1

Proyek si Paijo Part 1

advertisements
Pasti pada bingung, koq "paijo ?"
iya, paijo karena tanpa sadar, pernah panggil dia dengan sebutan itu, dan paijo ini juga yang jadi panggilan akrab si doni di antara teman-teman di cikupa ini.
atau sering di sebut "mendoan squad ".

Terus.....ada apa dengan paijo dan tunggangan nya ?
sama-sama menggunakan jupiter z burhan sebagai basic tunggangan nya.
dan ternyata, ngiler juga dia dengan rubahan-rubahan mesin biar irit (tapi rada ngibrit), yang sudah di terap kan pada kendaraan kawan-kawan.

Bermula di pertengahan januari 2016 yang lalu, si doni alias paijo ini memutuskan untuk main ke citra raya , cikupa dari tempat tinggal nya di bilangan pulogadung.
dan curhat, pengen agar mesin nya ikutan di check.
soalnya, dia bilang : "tenaga nya mulai ngempos mas , tolong check'in dong."

okay, ga pakai nunggu lama, cuma nunggu mesin nya dingin aja sih sekitar 1jam .
kemudian mulai buka cowling motor si doni.
dan copoti bagian head nya.

head nya si paijo di colek-colek
Pretelin part-part di head nya, dan di bersih kan, kerak-kerak yang menumpuk Seperti di jupiter lawas ini kita bersihkan dan kikis, biar kembali ke dimensi semula.
tapi si paijo mulai usil, pengen di tuning sekalian port in dan out nya,
ya sudah..sekalian tuning sedikit lubang port in dan out di bagian bawah daun klep nya,
sedikit di perbesar, agar flow campuran udara dan bbm ( atau air mixture kalau kata orang bule ) bisa lancar masuk ke ruang bakar,
di tambah bentuk seperti gentong, biar nanti waktu di rpm atas ga kedodoran.
soalnya, si paijo ini hoby jalan-jalan dengan motor nya..

begitu juga dengan port out nya, kita perbesar sedikit.
biar lega gas buang nya ke arah pipa exhaust.
sedangkan pipa exhaust nya sendiri, nanti kita terangkan di bawah yaa...

puas dengan hasil colek-colek area head, lanjut untuk maksimalkan air flow di sektor karbu , packing karbu dan intake nya.
cukur bagian depan dan belakang karbu nya seperti foto di bawah ini
karbu standard sih ; cuma di "rusak" sedikit
sedangkan penampakan si paijo ada sedikit tuh di belakang. ntah lagi ngapain dia waktu itu.
njepret-jepret head nya mungkin.
tapi...ada tapi nya juga sih waktu ngerjain punya paijo ini.
ring piston standard nya pengen kita remajakan.
ternyata waktu kita beli part nya ; kita kurang teliti.
yang harus nya ring piston ukuran standard, ternyata oleh seller nya di ambilkan ukuran OS50
pas mau kita pasang, baru lah kita sadari, kalau ternyata ring nya nyangkut karena terlalu besar.

sedangkan untuk kembalikan ke toko langganan, sudah tidak memungkin kan .
karena sudah diatas jam 5 sore, dan toko langganan biasanya sudah tutup. semprul kan  
oke lah, harus hunting segera berarti, biar si paijo juga bisa pulang ke pulogadung lagi malam nya.
dan setelah sekitar 7 bengkel yang kita datangi petang itu, akhirnya dapat juga part yang di maksud.

Pulang ke rumah dan segera bersihkan semua sisa gram dari head dan part-part nya , kemudian rangkai lagi semua komponen head nya.
pasang ring piston nya semua , kemudian piston ke conrod nya serta block cylinder nya
dan check semua piranti pendukung nya , kemudian tinggal tempelkan head ke block cylinder.
stel ulang klep, tutup klep dan check ulang , jangan sampai ada part yang ga terpasang.
padahal pertama nya gara-gara pipa ini di paijo datang dari pulogadung
lanjut pasang knalpot yang sudah di ganti pipa nya dengan powerboom, biar lebih loss pembuangan nya, tapi suara tetap adem, karena silencer tetap seperti asli nya, ga ada proses bobok knalpot.
mesin bisa release gas buang dengan lancar, tapi suara ga bikin tetangga komplain, apa lagi sampai di lirik sama mpok lilis di jalan. (kan suara nya tetap seperti standard nya)

kelar semua, tinggal test run engine static....aman, si paijo bisa senyam-senyum deh, ga harus nginep di citra malam ini..
ntar part 2 nya bersambung kapan-kapan yaa..
ga tau nya cuma pengen buru2 ajak pacar nya jalan ..
pantesan si paijo ga mau nginep di citra.
semprul....semprul..


advertisements

0 komentar:

Posting Komentar

Pengikut