Home » , , » Balancer dan Evolusi nya part1

Balancer dan Evolusi nya part1

advertisements
Cerita lagi ahh....
Balancer....iya balancer, mungkin sudah banyak yang pernah baca.
dimana ? ; ya di sini ; Di sini ; di sini juga ; Bahkan di sini juga ada ; disini juga ada lagi nih
Nah, dari beberapa ulasan itu, koq tiba-tiba mak bedunduk (gaya srimulat banget nih )
pengen ulas tentang evolusi balancer.
dari yang pertama nya beli ketengan trus di modif agar bisa terpasang tanpa di las
proses nya bisa di intip disini sih

gimana kami pakai mesin-mesin yang presisi, agar hasil pengerjaan pun bisa presisi dan PnP ke part engine jupiter series.
kenapa jupiter series ?
karena ; dari crypon sampai ke jupiter Z1 ternyata dimensi gear dalam di kruk as nya punya kode part yang sama : 5LM-E6512-00

Trus, evolusi nya di mana ?
balancer DG dengan gear primer dari mangkuk ganda
Seperti kita lihat foto diatas, Balancer DG yang di lengkapi dengan gear primer, copotan dari mangkuk ganda bawaan motor.
koneksi menggunakan sistem dogtooth claw. tanpa proses las.
tanpa las, mudah di lepas karena di kerjakan presisi
jadi, eksentrisitas nya sangat minim.
karena balancer menyenterkan diri nya sendiri ke kruk as dengan gear dalam nya.
kemudian collar (bush gear primer) menyenterkan posisi balancer bagian depan ke kruk as.
pun menyenterkan juga gear primer ke balancer dan kruk as.
dan terakhir di kunci dengan ring plat dan mur bawaan, pengunci mekanisme kopling ganda nya.
tuh, dogtooth system nya kelihatan kan ?
Dengan kepresisian ini, wajar saja kalau suara mesin yang sudah di manualkan, dengan penggantian kopling ganda memakai balancer, tetap sehalus suara mesin keluaran pabrikan.
yang berbeda : power dan torsi bisa segera tersalur dari putaran ter rendah mesin sekalipun.

trus evolusi sebenar nya di mana ?? :
mari kita lihat dan cermati design di bawah ini :
design tambahan balancer dengan 3D autoCad
di atas adalah gambar dari design part tambahan, untuk memaksimalkan torsi dari pemakaian balancer.
dimana torsi adalah momen puntir , yang di hasilkan oleh mesin untuk menggerak kan ratio gear nya
dan kemudian di teruskan oleh sprocket depan, di teruskan dengan rantai dan menggerakkan roda belakang yang terhubung dengan sprocket belakang di hub wheel nya.
hasil akhir dari tambahan Balancer untuk optimalkan torsi nya
koq desain nya begitu ?
iya ; karena setelah kita ukur, ukuran asli diameter mangkuk ganda, ternyata ukuran nya 110mm
sedangakan balancer DG diameter nya hanya 105mm"jadi masih bisa di maksimalkan diameter luar nya dengan part tambahan ini.
menambah berat di diameter luar nya.
diman perhitungan torsi = jarak x gaya
semakin besar jarak nya dari center, maka makin besar juga torsi yang di hasilkan.
demikian pun jika jarak dari center tidak bisa di tambahi, maka gaya (atau dalam hal ini berat x gravitasi) nya yang di tambah, agar torsi yang di hasilkan makin besar.
dan seperti inilah hasilnya.
jadi ; dengan desain part tambahan itu, bobot di sekitar diameter luar balancer lah yang kita perbesar atau di perberat, agar torsi yang di hasilkan bisa maksimal.

ini adalah evolusi pertama dari balancer DG.
udah ya...segitu dulu ceritanya..

lagi pengen cari info tentang mba-mba cantik ini dulu soalnya..
nemenin olah raga lah se-engga nya.. :p :p
 
mana tadi yang katanya mo nemenin jogging ??
advertisements

0 komentar:

Posting Komentar

Pengikut