Shogun 125SP part 1

advertisements
Holla.....jumpa lagi sobat ....
setelah kemaren-kemaren membahas tentang produk keluaran yamaha baik dari 2tak nya, yang berseri-seri karena keterbatasan waktu pengerjaan dan penulisan...kali ini ada pasien dari pabrikan sebelah berlambang S. yupp, betul..produk dari pabrikan Suzuki seri bebek / underbone berkubikasi 125cc dan termasuk sport production, menganut manual clutch...

dan terus terang saja, meskipun pernah aku punya kesempatan memelihara shogun 125 standard...tapi waktu itu, aku blum punya kesempatan untuk ber eksperimen, jadi masih ku biarkan standard pabrikan. nahh...kali ini, pasien ini punya beberapa penyakit yang musti di tangani. apa saja itu ? mari kita bedah satu persatu.
mulai dari membuka sayap (cowling) nya yang lebih ribet dari membuka body dari produk yamaha :D setelah berhasil buka sayap-sayap plastik nya, selanjut nya melepaskan karburator plus intake dari head. dan di lanjutkan membuka head nya untuk observasi kondisi di ruang bakar. dan seperti ini lah kondisi dari piston nya saat berhasil terbuka:
tumpukan kerak karbon mulai tebal di permukaan piston
hmmmmmm, selain menguap, ternyata pelumas pun juga ikut terbakar di sini, pantas aja volume pelumas nya tinggal sekitar 400ml waktu di tap
tumpukan kerak karbon di sini malah lebih parah ternyata
walaahh...banyak sekali kerak endapan hasil pembakaran yang tidak sempurna di area ini ? entah owner nya yang kurang perhatikan penggantian pelumas secara berkala, atau memang kurang paham cara perawatan nya.. :sad:
sampai seperti ini kondisi mesin nya...
tapi ga masalah lah, berarti bisa jadi bahan belajar buat ku, bahan untuk menambah pengetahuan ku pada berbagai macam type mesin dari berbagai macam pabrikan yang di produksi di negeri ini. dan ternyata...meskipun dari berbagai pabrikan semua sistem nya sama dengan berbagai macam part yang berbeda posisi dan bentukm meskipun pada dasar nya fungsi nya pun sama

stopper rail can chain nya,
beda dikit sama jupiter dan bebek yamaha
tapi tetep aja fungsi nya sama.
sepeti kita lihat di samping ini, lidah stopper tensioner dari suzuki shogun 125SP ini di ikat dibagian head nya, berbeda dengan jupiter series, dimana bagian atas stopper nya di ikat di belakang starter clutch dan rotor assy / magnet nya, namun prinsip nya sama. Sama-sama untuk guide rail dan stopper cam chain / rantai kamrat nya .
tambah lagi deh ilmu ku dari hasil otodidak ini..dan ini yang ku sukai..
belajar dan memahami sesuatu tak musti harus di bangku sekolah atau tempat kursus, dimanapun kita berada, dan dalam situasi apa pun, kita bisa belajar dari semua yang ada di sekeliling kita...betul kan sob ?

ini yang nama nya decompression system
buat mengurangi kompresi saat di engkol
Sedangkan kalau untuk foto di sebelah kanan ini
adalah mekanisme decompression system yang di miliki suzuki shogun SP125 ini. dan tidak banyak berubah bentuk nya dari seri pertama di produksi dahulu.

'koq ada de-compression system segala ? fungsinya buat apa ?' : begini, rasio kompresi shogun 125SP ini bawaan dari orok nya sudah termasuk cukup tinggi yaitu 9.5 dengan kubikasi 125cc pastilah cukup berat untuk di engkol tuas starter nya, apalagi kalau yang meng'engkol nya seorang wanita... bisa segede apa nanti betis nya kalau musti olahraga engkol tuas starter motor ini (misal kan aki dan motor starter nya ngadat ya )  ..
jadi fungsi nya de-compression ini adalah membocorkan kompresi nya sedikit saat di selah manual, dengan mendorong klep in nya agar terbuka sedikit, sehingga proses engkol tuas starter nya ringan, begitu mesin berhasil running, otomatis bandul berbentuk sabit nya akan terkunci di dalam, dan tidak ada lagi proses pembocoran kompresi saat mesin sudah berhasil menyala..

sudah paham kan ? :)


pert de-compression di lihat dari atas.
ga banyak part nya, tapi cukup vital fungsinya
kalau di lihat dari atas, seperti inilah mekanisme de-compression system itu, ada as yang terhubung sampai ke bagian klep in nya.
jadi ketika de-compression system ini aktif, hanya klep in yang sedikit di dorong ke depan agar komprsi sedikit berkurang.. dan hanya terjadi saat awal proses menyalakan mesin nya saja.

tambah paham kan sekarang ??
usia tua , dan karat yang menumpuk menyebabkan
terjadi hal seperti ini, baut patah, dan terkunci mati
tutup klep nya

Berikut nya...ada sedikit insiden saat membuka part tutup klep nya. seperti foto di kanan ini usia tua dan juga karat yang bertumpuk di situ menyebabkan salah satu baut di bagian pengikat tutup klep patah saat di buka, dan ternyata...tutup klep nya pun sudah ada crack halus, saat di putar untuk melepaskan tutup klep dari head nya, malah pecah....semprul..
musti nambah jajan lagi aja beli tutup klep ganti nya.. :D :D
pernah di pegang mekanik jaman batu.
palu dan drip yang jadi andalan nya.
karena belum mengenal teknologi kunci sock
yang menjengkel kan lagi, ketika membuka bak koling nya. ku jumpai pemandangan seperti di atas ini.. yang jadi pertanyaan ku kenapa musti di drip seperti itu ? apakah mekanik yang sebelum nya pegang motor ini lahir di jaman flintstone  ya ?? koq harus pakai palu dan drip untuk lepas mur pengunci begini aja.. apa ga ada cara lain yang lebih profesional gitu. hufft...
musti nambah kerjaan deh, rapikan dulu bekas drip nya, biar kunci socket ku bisa masuk dan bisa di pakai buat lepaskan mur pengikat balancer nya.
ada perangkat self alignment jugadi primary gear nya
selesai dengan perangkat balancer dan semua part lain nya, ternyata untuk belah mesin si shogun 125SP ini selain 10pcs baut pengikat dari crankcase sebelah kiri, ada satu lagi baut pengikat yang di tanam di crankcase kanan. beda banget sama jupiter series yang semua pengikat crankcase nya dari arah kiri. (ini sempet bikin bingung juga sih, baut udah lepas semua koq masih susah di buka, ternyata masih nyisa satu dari arah sebalik nya :D :D )  di bawah ini adalah video setelah crankcase berhasil di buka, dengan bantuan crankcase separator bikinan sendiri juga sih (ini nanti ku ceritakan di lain waktu aja ya, biar ga terlalu panjang) 

okeh...cerita bongkar-bongkar nya udah...
untuk observasi dan lain nya, tunggu tulisan selanjut nya yaaa...

bersambung..............

masih lama ga nunggu nya om ?

advertisements

0 komentar:

Posting Komentar

Pengikut