Home » , , , » Spin Stuck ( Susah di lepas roda belakang nya)

Spin Stuck ( Susah di lepas roda belakang nya)

advertisements
Setelah selesai proyek si belang serta babyblue
ada kawan dari juragan sepatu, yang mainan nya sepatu juga.
main ke rumah, dan minta tolong untuk di check kan scooter matic dari pabrikan berlambang S milik nya.
kebetulan, sudah waktunya minta jajan.
antara lain yang di pesan kan adalah, 
  • penggantian disc pad depan.
  • check bearing roda depan
  • penggantian kampas rem belakang
  • serta service karbu
Untuk penggantian disc depan dan check bearing roda depan, bisa langsung di kerjakan sekaligus.
untuk kedua jenis part itu, part original OEM yang ku pasang.
ga ada masalah berarti di sektor depan.

Beralih ke checking dan service karburator.
tak banyak kendala juga di sektor ini, pun hasil pembakaran di busi nya pun bisa merah bata .
berarti pembakaran sempurna.

nahh...di sektor terakhir lah masalah muncul.
ternyata roda belakang sudah lama sekali tak pernah di check.
tambahan arsenal ; trekker kaki 3 ukuran 6"
berat dan seret sekali untuk melepas roda belakang, berbagai penetrant dan cara manual sudah ku coba untuk melepas nya.
bahkan, sampai ku rebahkan ke arah kiri sambil di tetesi minyak kampak ( minyak gosok untuk masuk angin, cap kampak maksud nya ) agar meresap dan melumasi karat di as dan roda nya.
tapi blum berhasil juga.

akhir nya, trekker kaki 3 pun ku pakai untuk melepas nya.
pertama ku gunakan yang lama, berukuran 4", ternyata.....
sampai patah salah satu kaki trekker nya, dan roda ini tak bergeming sedikit pun.. wtf umpatku dalam hati sih..  
trekker kaki 3 uk 6 " in action.
ke esokan hari nya, terpaksa lah aku berburu lagi trekker kaki 3 yang lebih besar ukuran nya, dengan harapan, kaki-kaki trekker yang lebih kokoh bisa bantu melepas roda matic spin ini.

gampang ??
engga.. :D ternyata tak semudah harapan ku di awal ,
ada trik yang harus di lakukan , agar roda bisa terlepas dari as nya.
yaitu, musti di kencangkan dan di gedor dengan hammer.
pelan-pelan kencangkan lagi ulir trekker nya, kemudian di gedor lagi.
sampai roda belakang bisa terlepas dari as nya.....
fiuuff...akhirnya copot juga
Bujug....ternyata harus usaha ekstra untuk bisa lepas roda belakang nya aja...
dan ternyata...setelah ku share di Facebook ; ga cuma aku yang mengalami kejadian seperti ini.
ada beberapa owner suzuki spin yang mengalami kejadian serupa.
roda belakang susah di lepas karena karat yang sudah kronis seperti ini :
karat di as dan roda nya ternyata sudah kronis banget euy.
Bahkan ; ada beberapa komentar di FB yang bilang, lebih baik menjual motor nya karena roda susah di lepas, ada juga yang di jual selaku nya aja..
untung lah dengan sedikit akal-akalan dan di tunjang alat (trekker ) yang memadai.
akhir nya roda belakang spin ini bisa di lepas.

tinggal sikatin karat yang menempel di as roda nya, bersihkan dan lumasi dengan grease heat proof yang ku punya, kemudian ganti sepatu kampas nya dengan yang baru, yang sudah ku siapkan.
pasang kembali roda nya, dan seting jarak bebas tuas rem nya.
selesai..
matic kawan ku ini pun siap beraksi kembali di jalanan.
tetap aman tentu nya , setelah piranti pengereman nya normal kembali.

okay sekian dulu ya..trik buat melepas as roda macet di matik spin ini
next time, moga-moga aja ga nemuin lagi masalah seperti ini.. 
fiuff, kerjaan satu aja sampai 2 hari baru kelar..

advertisements

0 komentar:

Posting Komentar

Pengikut