Home » , , , » Evolusi Balancer Part 2

Evolusi Balancer Part 2

advertisements
Hallo....ketemu lagi kita ....
kali ini, kita mau bahas apa lagi ya ???
hmmmmmm , kemaren sudah bahas bracket kaliper ; sebelum nya bahas tentang mesin 2 tak ,
sebelum nya lagi bahas tentang si paijo yang tambah nakal , sebelum nya lagi bahas tentang blessing in disguise nya babyblue bahkan sampai ke Evolusi balancer ya .

gimana kalau kali ini, kita bahas tentang perkembangan balancer selanjut nya.?
'emang ada perkembangan balancer nya ??' ; oh, tenang...selama kita mau berpikir kreatif, pasti ada koq perkembangan-perkembangan terbaru dari realisasi ide-ide liar di kepala kita.
tentunya dengan perhitungan yang matang, agar tidak salah langkah dalam perkembangan selanjut nya.
ini salah satu special request
yang ga boleh di sebut pemilik nya
Contoh nya kaya foto di atas itu, balancer yang di order khusus untuk mesin 'Tamiya' nya beliau dan tidak boleh di share siapa pemilik sebenar nya, tentu nya aku harus hormati previlege nya itu kan ?
yang pasti spec nya : bobot nya cuma 250gr tapi terkonsentrasi di diameter luar balancer nya. dan lagi, balancer ini musti bisa mengakomodasi pergantian gear primer dari straight gear , ke helical gear. istilah lain nya gear lurus biasa, serta gear miring yang sudah di sediakan owner nya
meskipun ada sedikit insiden waktu pengerjaan helical gear nya , tapi bisa ku finishing ulang helical gear nya, dan owner nya pun cukup puas dengan hasil nya.
okay, cukup ya tentang special order balancer tamiya ini

sekarang beralih ke balancer yang ku buat berdasarkan perhitungan ku sendiri, meskipun secara visual mirip dengan balancer DG sebelum nya .
namun kesulitan sebenar nya adalah pembuatan gear dalam nya.
oleh karena itu, aku menggunakan inner bush gear (Boss clutch housing) original dengan kode 5LM-E6512-00. yang ku proses lagi dengan wirecut atau EDM, untuk membuat alur pasak / pen berdiameter 5mm
sperti ini design nya.
"Koq pakai pen / pasak buat mematikan pergerakan dan suaian nya , bukan nya di las lebih gampang ?" ini pertanyaan yang sering ku temui, dan kenapa aku selalu menghindari proses pengelasan dalam rancangan balancer yang ku buat , karena deformasi lah yang aku hindari, dimana dalam proses pengelasan atau pencairan logam selalu ada bagian yang membeku lebih dulu dan akan menarik bagian lain lari dari center nya. dan ini pasti akan mengacaukan titik center dari hasil perhitungan kita, juga kendala lain adalah sifat shrinking (penyusutan ) material saat membeku.
yang sering ku jumpai adalah saat mangkuk ganda, atau balancer yang di buat dengan sistem las akan mengalami shrinking yang tidak merata, dan akibat nya balancer susah masuk ke kruk as.
tentu kita tidak ingin ini terjadi di part mesin kita bukan ? yang akhir nya malah menyusahkan dalam proses perakitan nanti nya, harus ada usaha lebih yang seharusnya tidak di butuhkan.
masuk lancar dengan sedikit tekanan
seperti foto di atas, balancer yang ku produksi ini kepresisian yang jadi kunci utama, masuk nya boss clutch housing pun bersuaian ISO H7 di mana perbedaan antara house dan boss clutch housing nya hanya berkisar 0.05-0,08mm (50-80micron) ,jadi tidak dibutuhkan pressure yang besar untuk memasuk kan boss cluth housing nya ke body balancer
perfect fiting..
seperti foto di atas, boss clutch housing (bush gear dalam) bisa masuk sempurna di body balancer, tinggal di kunci dengan pin / pasak berdiameter 5mm, keperesisian pin nya pun sekitar 0.05mm,
fit banget suaian nya. Material pin yang di pakai SUJ2 (biasanya di pakai untuk pin ejector mould dan dies ) kekerasan nya mencapai 58-62Hrc. cukup keras dan cukup kuat untuk menghandle hentakan dari kruk as yang akan di teruskan ke mekanisme kopling .
Kemudian, untuk balancer nya sendiri, material apa yang di pakai ?
aku memilih material baja S45C yang jamak di pakai untuk bahan mould base juga ,
dudukan gear primer ? ready bro
kekerasan dari bahan S45C ini cukup lah untuk di andalkan sebagai balancer, dan yang terpenting adalah berat jenis material ini, cocok banget untuk di pergunakan sebagai bahan balancer, selain tingkat korosifitas nya yang rendah bisa diandalkan, apalagi saat kita pasang di kruk as dan di rendam di pelumas mesin, aman lah dari korosi yang di sebab kan kontaminasi udara luar.

"terus, masih ada ga model lain dari balancer evolusi ke dua ini ?"
ada dong ..
nih , seperti foto berikut ini, yang bobot nya mungkin lebih enteng dari versi yang flat, tapi torsi nya, bisa lah di perhitungkan dengan model flat diatas.
dudukan gear primer pun sudah sekalian di buatkan koq.
aman deh...
cekung di tengah, enteng tapi torsi terjaga
berikut foto lain nya juga, posisi gear sudah fit dengan balancer nya
tinggal nyemplung deh ke bak kopling 
koq dari tadi ngomongin torsi ? ada apa sebener nya dengan torsi ini ?
emang kalau dah di oprek dengan power gede, ga kuat ya buat jalankan motor ? gimana tuh penjelasan nya ? hmmmmm, good question..
Power dan torsi adalah dua hal yang kita cari dan perhatikan saat meng upgrade mesin kendaraan kita. Power yang di hasilkan, kalau tidak tersalur secara sempurna ke roda belakang, sia-sia juga sih.
buat apa power besar kalau loss / hilang nya malah di dalam mesin juga ?
ga kuat untuk memutar ratio di gigi 3 atau 4, kan malah amsyong, cuma dapet boros nya aja ntar,
nah balancer ini lah yang menghasilkan torsi (momen puntir) ekstra untuk memutar ratio transmisi  yang nanti nya di teruskan ke roda belakang.
ga fokus deh jepret nya, tuh sebelah kanan cuma separo
okay, udah rada paham kan tentang balancer sekarang ?
masih ada koq evolusi nya balancer buatan ku ini...
tapi ntar aja ceritanya ya...nanti pasti kusambung lagi koq..
sabar yaa...
buruan nulis nya, atau tinggal minggat juga nih.

advertisements

0 komentar:

Posting Komentar

Pengikut