Home » , , , , , , , » Si Belang Ambruk lagi Part1

Si Belang Ambruk lagi Part1

advertisements
Jumpa lagi kawan...
sambil bernostaliga kisah tahun kemaren sebenar nya... berawal dari postingan juragan sepatu di group Fb  ..kasihan juga sebenar nya, sedangkan saat itu aku pun masih liburan lebaran di solo...
tapi apa daya, posisi sama-sama masih jauh dari titik temu di tangerang. saat itu juragan nya si belang lagi asik solo riding arus balik dari kampung halaman nya di daerah banyumas menuju tangerang.
menjelang jam 3 dini hari, postinglah dia tentang troubel yang dia alami di jalan di depan balai penelitian padi, daerah subang (kalau dari arah jakarta ke jawa tengah, melewati jalur pantura ,posisi balai penelitian padi ini ada di sebelah kanan jalan ), untunglah ada kawan member yang berbaik hati untuk merescue nya, dan di kondisikan agar bisa kembali melanjutkan perjalanan.

namun.....untung tak dapat di tolak-malang pun tak bisa di raih hanya kurang lebih 20km lagi dari tempat tujuan, basecamp mendoan squad di sebut begitu. si belang ini menyerah untuk meneruskan perjalanan. masuk tlp ke nomorku, dari juragan si belang, yang mengabarkan kalau si belang yang ga kalah bandel sama owner nya ini mogok, ga bisa di selah lagi kick starter nya.
wadhuh, alamat ngandang lagi aja nih motor edan. hahahahaa...
untung lah saat itu owner si thekill (dekil sih bacanya-red) sudah stand by di tangerang.
dan bisa ku mintai tolong untuk merescue si belang dan owner nya di daerah cimone, sekitar cimone city mall. dan ku sarankan untuk tinggalkan si belang di rumahku agar bisa segera ku check setibanya di tangerang nanti.
kondisi nya saat trouble pertama karena kelistrikan
beberapa hari kemudian, sampai lah aku di tangerang, pekerjaan rumah sudah menunggu, yaitu check up si belang ini. apa aja sih masalah nya, koq hobby banget dia ngambek kalau sama owner nya ? padahal waktu kami siksa berdua sampai ke tasik pun ga ada masalah, kecuali filter karbu yang ga tahan di hajar hujan, dan sebabkan brebet karena pasokan udara sangat kurang.
sedangkan kondisi sekarang, filter mahal nya sudah ku modifikasi masuk ke dalam box filter standard yang juga sudah di modif. 

busi nya sampai kaya ini ??
dari pada penasaran berkepanjangan, langsung saja telanjangi body depan si belang, bongkar busi nya, dan pemandangan ini bikin terperangah, langsung ambil kamera dan kirim foto diatas kepada owner si belang. melongo juga lah owner si belang. langsung aja aku berpikir pasti banyak yang ga beres di dalam engine nya. padahal menurut perhitungan ku setelah proses ngandang nya yang terakhir, harusnya minus masalah kalau di rawat bener dan ga di pakai melebihi batas aman..
lanjut bongkar head engine nya
dan lagi-lagi rasa kaget dan heran ku jumpai setelah melihat kondisi di dalam ruang bakar nya.
wtf....pantas aja mogok
ketika bagian head bisa di pisahkan dari block cylinder, ada beberapa serpihan logam yang jatuh....damn!!! umpatku dalam hati...apa lgi ini ? :
piston pecah dan banyak serpihan
tenyata serpihan dari piston fim izumi diameter 53.5mm yang terakhir terpasang di bulan februari kemaren. Tapi ring piston nya masih utuh, belum sadar juga aku, apa yang terjadi sebenar nya.
masih banyak serpihan kecil di situ
lanjut bongkar block cylinder, dan lepaskan dari crankcase, mulai lah ada titik terang penyebab nya piston sampai pecah seperti ini :
mulai kelihatan kan penyebab nya ?
setelah melihat kondis block cylinder nya, barulah aku sadar, apa yang sebenar nya terjadi, yaitu liner nya merosot dari block cylinder sepanjang 9-12mm, dan ring piston nya nyangkut di permukaan atas liner nya yang menyebabkan piston pecah di bagian kepala nya di atas alur ring kompresi atas, sampai pantat liner yang masuk ke crank case terhajar oleh perputaran daun kruk as nya.
liner melorot 9-12mm dari permukaan cylinder
Nah...yang ku pertanyakan pada owner nya, pernah kah dia melakukan overbore / ganti liner pada motor nya ini ? dan ternyata....dari pertama dia pegang motor ini, hanya sekedar oversize dan korter yang pernah di lakukan, dan belakangan pun, aku yang mengerjakan nya..
berarti...sebelum motor ini berpindah tangan pada owner yang sekarang, block cylinder nya pernah mengalami penggantian liner, tapi pengerjaan yang kurang perhitungan menyebabkan kondisi ini terjadi. Bisa karena pemuaian berlebih , yang menyebabkan proses ekspansi blok cylinder nya melebihi proses ekpansi liner nya.
dan ada dua option untuk mengatasi nya
  • pertama ; mengganti block cylinder nya dengan yang baru
  • atau cukup mengganti liner nya dengan memberikan step tambahan yang agak besar di bagian permukaan cylinder yang berhadapan dengan head.
dan opsi kedua ini lah yang kita akan lakukan nanti....
pantat liner di hajar daun kruk as
akhir nya....ku putuskan untuk mengganti liner nya saja, supaya lebih ekonomis, karena owner nya si belang pun pasti juga lagi butuh banyak biaya, setelah di kampung sedikit menguras tabungan nya di moment lebaran.
tinggal hunting bahan liner yang bagus , yang tingkat pemuaian nya bisa sinkron dengan block cylinder nya, agar kejadian seperti ini tidak akan pernah terulang lagi.
masih ada aja namaku di block ini
Dari pada kepanjangan cerita nya, ku potong dulu di sini yaa...
kuteruskan lagi setelah yang lewat berikut ini....
bersambung...........
jangan ikutan nakal kaya yang ambil foto yaa..

advertisements

0 komentar:

Posting Komentar

Pengikut