Home » , , , » Bebek Goreng Orange Part2

Bebek Goreng Orange Part2

advertisements
Sekarang, lanjutan dari proyek kemaren yaa...
proyek sakit hati sih sebener nya karena banyak sekali menemukan kekurangan di unit mesin 2tak ku yang kedua.
Sebenar nya asik banget nih motor buat di kendarai, asal kan kondisi nya sehat dan normal, tapi....karena kesalahan ku sendiri, yang ga sempat buat check kondisinya di pulogadung, karena kesibukan ku di dunia nyata, di mana tiap malam aku dan mamak masih berjualan angkringan (waktu itu ya..) dan kalaupun aku ingin main agak jauh dari rumah, aku sudah harus siap lagi di rumah sebelum jam 6 sore, untuk persiap kan dagangan dan gerobak angkringan kami.
karena aku ga tega untuk biarkan mamak ku dorong sendiri gerobak angkringan kami ke tempat kami berjualan di depan gerbang cluster perumahan kami .

dan ini adalah kesalahan ku yang sama ,seperti saat membeli yamaha F1ZR biru untuk kendaraan operasional ku di solo ; sama-sama butuh banyak usaha restorasi untuk mengembalikan kondisi nya, agar nyaman lagi di kendarai.

okay, lanjut ke pengecheckan yang ku lakukan pada F1ZR orange ini. setelah melihat banyak kekurangan nya, koq jadi ga yakin juga dengan kondisi mesin dan part-part di dalam nya yaaa.
setelah ku temukan bahwa dynamo starter pun ga ada lagi di tempat nya, jangan-jangan banyak part di dalam nya yang sudah tidak original lagi. meskipun saat di antar paijo ke rumah, motor ini masih bisa jalan.
tapi kurang layak jika di pakai untuk harian, meskipun dalam jarak dekat.

bongkar head nya, dan temukan tumpukan kerak tebal di squish nya, ini musti di singkirkan, agar tidak terjadi detonasi nanti nya, akibat early ignition dimana campuran bbm dan udara terbakar dulu sebelum titik pengapian nya. bisa terjadi karena tumpukan karbon di ruang bakar membara, dan bisa membakar campuran bbm dan udara yang sedang di kompresi.
kalau ini terjadi, maka bisa ber-imbas pada bearing big end dan small end nya.
kemudian, lepas mur pengikat block cylinder nya, untuk checking area piston dan liner nya.
sebelum nya memang sempat curiga dengan kondisi piston nya, karena temukan banyak guratan di dinding liner nya.
dan memang kecurigaan ku terbukti, setelah block cylinder berhasil kulepas dari karter / crankcase nya..ini lah yang ku temukan
horeee....baret sekujur tubuh piston, seperti di parut lah kondisi nya
parah sekali kondisi piston nya, baret-baret dalam di sekujur piston, yang berarti kompresi pun pasti lemah sekali, ga ada obat lain nya, musti kita ganti.
yang arti nya musti ada tambahan biaya lagi untuk restorasi nya.
Begitupun dengan kondisi liner nya, di sisi kanan-kiri ; atas dan bawah, rata baret-baret nya, ada yang halus, ada juga yang dalam. kemudian, check diameter piston nya.
walahhhh...udah diameter 53mm , berarti sudah di oversize maksimal (menurut anjuran pabrikan sih ) tapi nanti bisa lah ku carikan part aftermarket, yang ukuran nya diatas ukuran maksimal yang dianjurkan pabrikan.
kelihatan kan baret di mana-mana ?
kemudian, ku lepas piston dari conrod nya, congkel klip pengunci nya , dorong pen dari arah sebalik nya.
cek kondisi conrod nya, dorong ke depan dan belakang, belum ku temukan ke anehan, tapi feeling ku mengatakan, musti belah mesin ini.
sekalian...agar bisa ku pelajari juga sistem kerja nya.
koq basah ya packing nya ?
Istirahat sejenak, untuk refresh pikiran ku. kebetulan, mamak pun minta tolong untuk belikan arang , karena stock arang kami untuk bakar sate-sate dagangan kami sudah habis, juga stock untuk buat perapian di warung nanti.
berangkat lah aku untuk belanja arang, dengan babyblue tentu nya.
sampai di tempat penjual arang, tiba-tiba telepon berbunyi, sedangkan saat itu handheld yang kubawa, adalah nomor yang hanya di ketahui anggota keluargaku dan beberapa teman dekat ku, hmmmm pasti ada yang penting nih, ternyata...adek sepupu ku di surabaya mengabarkan kabar duka, bahwa Uda'ku (adik mendiang bapak -sebutan dalam bahasa batak -red) meninggal dunia, dan mereka butuh kami untuk hadir di sana.

Tanpa banyak pikir, langsung saja pacu si blue pulang, dan kabar kan kabar duka ini pada mamak ku.
dan di ambil keputusan untuk segera berangkat ke surabaya saat itu juga,
berarti proyek ini ku pending dulu untuk sementara waktu.
di tinggal kan dengan kondisi seperti ini
Seminggu lama nya ku tinggal kan tangerang, untuk melayat keluarga di surabaya.
setelah selesai urusan semua di surabaya, kami kembali ke tangerang, dan aku bisa melanjut kan proyek bebek goreng yang tertunda ini.
sesampai nya di tangerang, ternyata mas rheza dari serang pun kasi kabar, kalau pesanan dynamo starter untuk F1ZR ini sudah ada dan sedang di kirim ke tangerang. mantabbb !!!
tapi, rasa penasaran untuk intip kondisi didalam crankcase bebek goreng ini koq makin menjadai-jadi ya ?...ahh, dari pada penasaran makin bikin pusing, segera saja ambil kunci T8 juga Impact driver (obeng ketok). 
karena kondisi nya sudah tidak original lagi, ada beberapa baut pengikat crankcase yang sudah di ganti baut kepala 8, jadi musti di lepas dengan alat-alat yang ku sebutkan tadi .
ga sampai setengah jam, semua baut pengikat crankcase berhasil ku lepas.
dan...hal yang lebih mengejutkan pun ku temukan di dasar crankcase nya :
walahhh....apa ini ?
entah residu endapan apa yang ada di dasar crank case ini ?
tapi bagiku memang aneh, soalnya kompartemen di bagian ratio bersih, dan tak ada endapan seperti yang berkumpul di bawah nya.
parah banget kan ?
hmmmmmm...dari pada kelamaan bingung, copoti semua perangkat trasnsmisi nya, tempatkan di tempat khusus, dan mulai proses pembersihan nya.
kruk as pun tak kalah banyak deposit karbon nya
malah waktu pembersihan crankcase nya yang cukup lama, karena untuk memastikan bersih dari semua residu, beberapa kali ku guyur dengan bbm.
horee....karter pun tak kalah tebal kerak nya
yahhh....resiko memang, resiko membeli unit second yang kita tidak tahu riwayat perawatan nya..
dan pasti di butuhkan kerja keras untuk mengembalikan keadaannya mendekati performa awal seperti keluar dari pabrikan.
untung nya (lahhh, masih ada untung nya juga nih? ) kondisi kruk as dan conrod nya masih layak pakai, hanya bearing kruk as kanan dan kiri yang minta di remajakan.
bearing kruk as untuk F1ZR ini sama ukuran kanan dan kiri nya ; sama-sama berkode 6205.

bersambung....lagi,,,,,

cape ya O'om ?? minum yang seger dulu deh..


advertisements

0 komentar:

Posting Komentar

Pengikut